Informasi utama bagi app marketing yang sukses sepanjang Ramadan 2024

Sama halnya dengan analisis tahun lalu, tren yang dijelaskan di bawah mencakup hal-hal berikut:

Kategori Aplikasi: E-commerce, hiburan, fintech, game, dan kesehatan & fitness.

Negara: Bangladesh, Mesir, Indonesia, Pakistan, Arab Saudi, Turki, dan United Arab Emirates (UAE).

Kawasan METAP (Adjust): Mencakup 22 negara—Algeria, Afghanistan, Bahrain, Iran, Irak, Yordania, Kuwait, Lebanon, Libya, Malaysia, Maroko, Oman, Qatar, Syria, Tunisia, Yaman, Mesir, Indonesia, Pakistan, Arab Saudi, Turki, dan UAE.

Kawasan MENAP (data.ai): Mencakup 21 negara—Algeria, Bahrain, Iran, Irak, Yordania, Kuwait, Lebanon, Libya, Malaysia, Maroko, Oman, Qatar, Syria, Tunisia, Yaman, Mesir, Indonesia, Pakistan, Arab Saudi, Turki, dan UAE.

Kondisi mobile app di Indonesia pada tahun 2023 | Adjust

Aplikasi hiburan sangat populer di Indonesia dan aplikasi streaming paling unggul. Aplikasi hiburan mengalami peningkatan luar biasa sebesar 25% dari tahun-ke-tahun (YoY) pada tahun 2022. Jumlah instalasi aplikasi juga meningkat sebesar 33% dari tahun 2021 hingga 2022. Survei terbaru menunjukkan bahwa menonton film atau serial TV dan mendengarkan musik menjadi salah satu kegiatan yang paling sering dilakukan oleh masyarakat Indonesia di waktu luang mereka. Tingkat pengadopsian untuk video dan music-on-demand di tahun 2022 adalah 60% . Karena Indonesia senantiasa meningkatkan infrastruktur, seperti peluncuran teknologi mobile 5G, para pengguna kini dapat streaming video favorit mereka secara lebih cepat di smartphone. Akan tetapi, popularitas video streaming bukanlah satu-satunya yang meningkat di Indonesia. Industri music streaming di Indonesia juga semakin bertumbuh dalam beberapa tahun terakhir dan basis penggunanya mengalami kenaikan yang signifikan. Di tahun 2022, industri ini melaporkan pendapatan sekitar $124 juta, naik dari $114 juta di tahun 2021. Secara rata-rata, masyarakat Indonesia menghabiskan 1,4 jam per hari untuk mendengarkan musik melalui layanan streaming.

Di tahun 2022, aplikasi fintech juga mengalami pertumbuhan yang signifikan, dengan jumlah sesi yang meningkat sebesar 21% YoY. Terlepas dari penurunan jumlah instalasi di tahun sebelumnya, ini menunjukkan bahwa aplikasi fintech menjanjikan di tahun 2023, dengan kenaikan jumlah sesi yang luar biasa sebesar 63% pada Q1 dibandingkan dengan rata-rata di Q4 2022.

Sektor fintech di Indonesia juga berkembang cepat berkat dukungan pemerintah dan Bank Indonesia sudah menerbitkan regulasi untuk memfasilitasi layanan keuangan digital. Jumlah pemain fintech di Indonesia telah meningkat pesat dari 51 pada tahun 2011 menjadi 334 pada tahun 2022. Dua aplikasi fintech paling populer di Indonesia adalah GoPay dan OVO. GoPay (di bawah Gojek) menawarkan kemudahan untuk membayar berbagai layanan, seperti transportasi, pemesanan makanan, dan online shopping. Di sisi lain, OVO (di bawah Lippo Group) menawarkan pembayaran mobile, pembayaran tagihan, dan cashback. Yang menarik, volume transaksi pembayaran non-cash di Indonesia telah meningkat sebesar 30% dari tahun 2016 – 2021, dan pertumbuhan ini diperkirakan akan meningkat lebih dari lima kali lipat pada tahun 2031.

Cara mendorong pertumbuhan aplikasi selama resesi

Di tengah ketidakpastian ekonomi, kreativitas dan cara berpikir strategis menjadi faktor penting bagi mobile marketer, khususnya apabila anggaran mereka terbatas. Di sinilah retargeting dan remarketing berperan. Dengan menarik kembali pengguna yang sudah menginstalasi aplikasi, marketer dapat menghemat anggaran sembari tetap memperoleh hasil yang luar biasa. Dan statistik tidak berbohong: retargeting dapat meningkatkan tingkat konversi hingga 150%. Selain itu, retensi menjadi kunci. Tingkat retensi yang tinggi akan lebih baik, tetapi artinya pelibatan pengguna yang tetap aktif untuk durasi lebih lama akan lebih tinggi juga dan peluang monetisasi juga akan lebih besar.

Bagaimana Anda dapat memasarkan kembali aplikasi saat ekonomi sedang melambat? Lihat strategi berikut untuk meningkatkan kegiatan remarketing dan meraih kesuksesan yang lebih besar:

Segmentasi audience: Membagi dan menaklukkan

Rencana retargeting yang sukses untuk aplikasi dimulai dari strategi segmentasi audience yang kuat. Analisis RFM adalah kerangka yang bernilai untuk melakukan segmentasi pengguna berdasarkan tiga perilaku dalam aplikasi: baru, frekuensi, dan nilai moneter. Mulailah dengan membagi basis pengguna menjadi big spender, pembeli yang konsisten, dan pengguna yang aktif. Bereksperimen dengan sub-segmen berdasarkan inactivity window atau frekuensi pembelian. Dengan memprioritaskan segmentasi detail dan personalisasi, Anda dapat menargetkan pengguna yang kemungkinan besar akan melakukan konversi dan melakukan pembelian tambahan.

Meningkatkan pelibatan pengguna dengan personalisasi

Remarketing yang dipersonalisasi dapat menjadi senjata rahasia bagi keberhasilan aplikasi Anda, khususnya saat ekonomi sedang menantang. Dengan membagi basis pengguna berdasarkan demografi, lifetime value (LTV), dan penggunaan aplikasi di masa lampau, Anda dapat mengirimkan pesan yang dikustomisasi sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pengguna. Anda dapat mengirimkan reminder agar pengguna menyelesaikan transaksi, paket liburan eksklusif yang hanya dapat digunakan di area mereka, atau penawaran khusus untuk barang-barang yang mereka minati. Karena jumlah kompetitor yang memasang iklan semakin berkurang, ini adalah saat yang tepat bagi Anda untuk menonjolkan diri dengan pesan yang dipersonalisasi agar para pengguna tertarik dan kembali menggunakan aplikasi. Gunakan kesempatan ini untuk meningkatkan loyalitas pengguna di saat-saat yang menantang.

Meningkatkan tingkat retensi dengan gamifikasi

Siapa yang ingin mendapatkan hiburan dan kesenangan dari rutinitas sehari-hari? Elemen-elemen gamifikasi dapat membuat pengguna tertarik dengan aplikasi Anda dan memberikan insentif agar mereka kembali menggunakannya. Anda dapat menciptakan pengalaman yang dipersonalisasi dan dapat dinikmati saat menggunakan aplikasi dengan memberikan reward, challenge dan insentif bagi pengguna. Dengan cara ini, Anda dapat membuat basis pengguna tetap tertarik alih-alih hanya berfokus mengakuisisi pengguna baru. Pemanfaatan taktik gamifikasi dapat meningkatkan peluang pengguna tetap menggunakan aplikasi dan menghasilkan pendapatan melalui pembelian dalam aplikasi atau pelibatan dengan iklan dalam aplikasi.

Memanfaatkan program loyalty dan referral

Saat kondisi ekonomi memburuk, Anda dapat memaksimalkan kegiatan remarketing dengan program loyalty dan referral. Mendorong pelanggan untuk memberikan review dan menawarkan insentif untuk referral agar dapat menarik pengguna baru dan meningkatkan popularitas brand. Upaya untuk memudahkan pengguna berbagi konten dan tautan di dalam aplikasi dapat mempromosikan aplikasi tersebut dan meningkatkan engagement. Taktik-taktik seperti ini dapat meningkatkan pendapatan. Upaya untuk mengembangkan dan mempertahankan kehadiran mobile akan secara efektif meningkatkan kepercayaan dengan calon pengguna, sekalipun konsumen merasa ragu-ragu untuk membeli dari brand yang tidak familier.

Tetap kompetitif dengan materi iklan inovatif dan testing

Di saat ekonomi sedang menantang, aplikasi dapat tetap unggul dan memperoleh hasil yang lebih baik dengan membuat materi iklan yang kreatif dan mengujinya. Agar dapat unggul, pengiklan yang pertama kali melakukan pemasaran dengan format iklan atau materi iklan yang baru seringkali dapat memperoleh tingkat konversi yang lebih tinggi dan laba atas belanja iklan yang lebih tinggi. Format yang inovatif seperti iklan hybrid dan playable ad dapat membuat Anda menonjol di pasar yang ramai. Akan tetapi, jangan berhenti di sini – perhatikan format iklan baru yang diadopsi oleh pionir di industri dan cobalah format tersebut. Testing dan optimisasi setiap elemen iklan secara terus-menerus dapat membantu memastikan bahwa iklan tersebut dirancang untuk memperoleh engagement yang tinggi, sehingga Anda dapat mengalokasikan belanja iklan secara strategis.

Mengeksplorasi lanskap mobile app INSEA

Terlepas dari apakah Anda adalah seorang app marketer yang berbasis di India atau Asia Tenggara, atau Anda ingin meningkatkan skala aplikasi di kawasan tersebut, keputusan Anda untuk menghubungi kami sudah tepat. Melalui kerja sama dengan sumber digital intelligence dan analytics terkemuka Sensor Tower, kami telah mengumpulkan semua data kinerja aplikasi di INSEA yang Anda butuhkan, dilengkapi dengan informasi yang dapat ditindaklanjuti agar dapat unggul di pasar dengan tingkat persaingan yang ketat.

Review statistik mengenai unduhan, pendapatan dari pembelian dalam aplikasi, durasi sesi, tingkat retensi, dan sebagainya dari ebook kami tentang India dan Asia Tenggara.

Tren aplikasi kesehatan, kebugaran & pengiriman makanan 2023

Statistik instalasi aplikasi kesehatan & fitness di hari Senin

Menurut data Q1 2023, hari Senin menjadi hari dengan jumlah instalasi aplikasi kesehatan & fitness terbanyak. Secara rata-rata, jumlah instalasi aplikasi kesehatan & fitness di hari Senin sekitar 16% lebih tinggi daripada di hari Sabtu.

Jumlah sesi aplikasi kesehatan & fitness meningkat

Sama halnya dengan jumlah instalasi, jumlah sesi aplikasi kesehatan & fitness kembali meningkat di tahun 2023. Bahkan, jumlah sesi turut meningkat, di mana jumlah sesi meningkat 10% di Q1 2023 dibandingkan dengan kuartal sebelumnya.

Fitness di pertengahan minggu mendorong kegiatan pengguna

Yang menarik, jumlah sesi aplikasi kesehatan & fitness di hari Rabu melampaui hari Senin di tahun 2023. Secara rata-rata, jumlah sesi pada hari Rabu di Q1 2023 lebih tinggi 13% daripada rata-rata jumlah sesi di kuartal tersebut karena pengguna menyediakan waktu untuk mencapai target kesehatan dan kebugaran mereka.

Pengguna paling banyak menghabiskan waktu untuk menggunakan aplikasi kesehatan & fitness di hari Selasa

Melanjutkan tren pada pertengahan minggu, durasi sesi paling panjang pada hari Selasa, dengan rata-rata durasi sesi selama 10,62 menit.

Tingkat retensi aplikasi kesehatan & fitness

Seperti yang disebutkan dalam artikel retensi mobile app di tahun 2023, Tingkat retensi aplikasi kesehatan & fitness di tahun 2022 melampaui tahun 2021. Tingkat retensi Hari ke-1 naik dari 19% menjadi 24% dan tingkat retensi Hari ke-30 juga meningkat dari 3% menjadi 7% di tahun 2022.

Cara memanfaatkan tren aplikasi yang meningkat

Tahun ini, app marketing lain daripada biasanya. Kondisi ekonomi yang memburuk dan meningkatkan tekanan untuk meraih hasil membuat app marketer harus tetap efisien dan terus mempertahankan tren aplikasi yang meningkat. (Terkait dengan tren, jangan lupa untuk mengunduh Tren mobile app di tahun 2023 untuk mendapatkan informasi utama dan masukan pakar tentang benchmark aplikasi terbaru.)

Berikut adalah tiga tips untuk mengembangkan aplikasi Anda (untuk semua kategori aplikasi):

1. Secara strategis mendiversifikasi channel iklan

Masa-masa omnichannel marketing di mana marketer menggunakan pendekatan yang sama untuk semua channel sudah berlalu. Dari segmentasi audience hingga tingkat detail pelacakan yang dibutuhkan, app marketer perlu mengevaluasi channel dan tool pengukuran yang digunakan untuk memastikan bahwa masing-masing channel memiliki perjalanan pengguna tersendiri.

Kami mendorong marketer untuk berpikir outside the box untuk channel akuisisi pengguna (UA) . Consider Connected TV (CTV), marketing melalui influencer, dan iklan Spotify untuk channel di tahun 2023. Untuk mengukur channel ini dan kegiatan offline, cobalah media mix modeling.

CTV

CTV adalah channel yang luar biasa untuk memikirkan ulang iklan kontekstual , khususnya mengingat perkembangan privasi terbaru. Lihat ebook kami tentang Menguasai CTV di tahun 2023 untuk mendapatkan informasi tentang cara menambahkan CTV ke bauran marketing Anda.

Marketing melalui influencer

Marketing melalui influencer terus mencapai target apabila dijalankan secara tepat. Untuk mendapatkan masukan pakar tentang cara mengukur ROI marketing melalui influencer, lihat Bagian 2 dari panduan kami: Meningkatkan skala aplikasi Anda hingga menjangkau 1 juta pengguna.

Iklan Spotify

Music player digital Spotify memiliki 489 juta pengguna. Oleh karena itu, peluang bahwa target audience Anda menggunakan Spotify akan cukup tinggi. Seperti yang dibahas dalam Meraih kesuksesan: Cara mengiklankan aplikasi Anda di Spotify, platform musik ini menyediakan berbagai format iklan video dan audio bagi marketer, termasuk format iklan yang dikustomisasi.

Read Berpikir strategis: Cara memilih bauran channel iklan yang terdiversifikasi untuk mengevaluasi topik ini secara lebih detail.

2. Biarkan ChatGPT memandu

Sama seperti banyak inovasi lainnya, artificial intelligence, dan khususnya perannya dalam memberdayakan chatbot ChatGPT adalah tool yang netral. Walaupun beberapa tokoh industri menyarankan untuk memberhentikan ChatGPT untuk sementara waktu untuk mengeksplorasi masalah hukum dan etika yang dapat timbul, chatbot ini masih dapat membantu app marketer melakukan tugas sehari-hari dengan efisien.

Seperti yang disebutkan dalam artikel, Bagaimana ChatGPT mengubah mobile app marketing di tahun 2023, ChatGPT dapat membantu marketer dalam merumuskan perilaku konsumen, materi iklan campaign yang baru, blog dan post media sosial. Selain itu, plugin baru ChatGPT tersedia dengan waitlist dan dapat digunakan untuk menyediakan informasi dan integrasi terbaru dengan tool pihak ketiga. Walaupun marketer harus mengingat bahwa chatbot jauh dari sempurna, tool ini dapat memfasilitasi gagasan baru yang kuat.

3. Menyederhanakan pengelolaan campaign

Dalam artikel Evaluasi app campaign di tahun 2023, Katie Madding, CPO Adjust, membagikan enam tips bagi marketer.

6 tips untuk manajemen campaign:

  1. Manfaatkan smart alert untuk memantau campaign.
  2. Revitalisasi strategi optimisasi app store.
  3. Bermitra dengan mobile measurement partner untuk campaign iOS.
  4. Uji campaign promosi lintas aplikasi.
  5. Gabungkan data marketing secara terpusat untuk memaksimalkan efisiensi.
  6. Dapatkan informasi tentang tren industri dengan newsletter yang tepat.

Tip bonus: Bergabunglah dengan 130.000+ aplikasi yang mengembangkan aplikasi mereka dengan mobile measurement dan analytics suite Adjust. Dari Atribusi Mobile hingga Solusi iOS hingga Fraud Prevention, Adjust dikembangkan untuk membantu app marketer bekerja secara lebih cepat dan cerdas. Dapatkan demo Anda.

Meningkatkan pertumbuhan aplikasi di masa resesi Bagian 2: Data terpusat

Datascape adalah tool bagi app marketer yang menawarkan gambaran umum komprehensif tentang indikator kinerja utama dan metrik lintas sumber data dan pada satu layar. Ini adalah solusi yang menghemat waktu untuk pelaporan, visualisasi, dan analisis. Karena semua data dari network API dan atribusi, instalasi AppTrackingTransparency (ATT) dan campaign SKAdNetwork (SKAN) tersedia di satu platform, marketer dapat mengambil keputusan cerdas secara real time untuk semua channel dan sumber. Ingin tahu berita baik lainnya? Para marketer dapat menggunakan Datascape untuk mengkustomisasi dashboard dan laporan guna memvisualisasikan pertumbuhan pengguna dan kohort, merangkum data set besar, dan menganalisis data SKAN. Dengan Datascape, Anda tidak lagi harus membuka beberapa tab dan dapat melakukan pengambilan keputusan yang efisien dan strategis.

Pulse Adjust adalah solusi yang membawa perubahan besar bagi marketer yang ingin bekerja secara lebih cerdas dan memaksimalkan produktivitas marketing. Dengan Pulse, Anda dapat membuat customized alert yang memberikan notifikasi tentang perubahan dalam data Anda, seperti kinerja campaign, anomali, dan ROAS, agar Anda tidak perlu menghabiskan seluruh waktu untuk memantau data marketing. Fleksibilitas Pulse tidak tertandingi, dengan berbagai metrik, rule logic, metode penyampaian, dan pengaturan waktu alert yang dapat disesuaikan agar memenuhi kebutuhan Anda.

Dengan Pulse, Anda dapat mendeteksi anomali data secara real-time dan mengambil tindakan cepat, mengikuti KPI yang dikustomisasi, memperhatikan belanja iklan untuk mengoptimalkan anggaran Anda serta membuat dan mengedit alert yang sama lintas campaign dan aplikasi. Selain itu, Anda dapat membagikan alert melalui Slack atau email kepada anggota tim yang tepat, mengurangi hal-hal yang tidak diperlukan dan memastikan bahwa semua orang mendapatkan informasi terbaru.

Secara umum, pasar aplikasi global harus diperhitungkan, bahkan di tengah gejolak ekonomi. Dengan menggabungkan semua data dalam satu lokasi, app marketer dapat menghemat anggaran, mendapatkan informasi yang mendalam tentang pengguna mereka, dan dengan mudah mengambil keputusan cerdas dan berbasis data. Dan dengan all-in-one analytics suite Adjust, termasuk Datascape dan Pulse, app marketer dapat secara efisien melaporkan, memvisualisasikan, dan menganalisis data untuk mengoptimalkan campaign dan mendorong pertumbuhan dan inovasi. Terlepas dari kondisi ekonomi, tool dan strategi yang tepat dapat membantu app marketer menghadapi badai apapun dan menjadi semakin kuat.

Ingin mengakselerasi pertumbuhan aplikasi dan mendapatkan informasi marketing tingkat pengguna? Dapatkan demo Adjust hari ini!

Tingkat persetujuan ATT menurut kategori aplikasi dan negara

Pengembangan strategi yang kuat dan komprehensif untuk optimisasi campaign di iOS berperan penting untuk meningkatkan dan mendorong kesuksesan di iOS saat ini dan di masa mendatang.Mengingat bahwa Privacy Sandbox Google untuk Android akan segera diterbitkan, marketer yang mahir sudah mulai mengubah mindset mereka untuk mengembangkan strategi atribusi yang berfokus untuk memanfaatkan data agregat untuk mematuhi ketentuan privasi, informasi yang dapat ditindaklanjuti untuk semua campaign.

UX-optimized onboarding yang dilengkapi dengan prompt yang dijalankan dengan sempurna menjadi langkah pertama yang luar biasa untuk semua iklan aplikasi di iOS. Berfokuslah untuk menjelaskan manfaat dari memberikan persetujuan dan memperjelas artinya.Selalu bersikap transparan dan jujur.Semakin banyak pengguna yang memilih untuk memberikan persetujuan, semakin baik.

Akan tetapi, dalam ekosistem yang mengutamakan privasi data, data yang diperoleh dengan persetujuan dianggap sebagai bonus dan strategi harus berfokus untuk menggunakan SKAN, memetakan nilai konversi, dan optimisasi untuk predictive analytics.Dapatkan informasi lebih lanjut tentang solusi iOS dan SKAN atau hubungi narahubung Adjust sekarang untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Gen Z dan Milenial ingin menggunakan aplikasi social gaming

Membangun komunitas

Saat ini, para gamer muda tertarik dengan social gaming agar menjadi bagian dari komunitas, 44% dari Gen Z dan 48% dari Gen Alpha menyatakan bahwa mereka menggunakan aplikasi game tidak hanya untuk bermain game. Mereka suka mengunjungi komunitas online gaming, follow channel gaming, mendengarkan podcast gaming, bersosialisasi dengan gamer-gamer lainnya, dan menghadiri konvensi gaming. Bahkan setengah dari Gen Z mengklaim bahwa mereka menggunakan aplikasi game untuk bersosialisasi tanpa bermain game.

Memenuhi kebutuhan emosional

Selain mengisi waktu luang, video game juga menjadi pendukung utama bagi kebutuhan emosional banyak pengguna. Survei tahun 2023 melaporkan bahwa 76% dari Milenial dan Gen Z menyetujui pernyataan, “Video game membuat saya merasa menjadi bagian dari cerita tersebut, alih-alih hanya menjadi penonton.” Sebanyak 50% pengguna lainnya meyakini bahwa interaksi online adalah “pengganti yang sesuai” untuk interaksi tatap muka.

Menggabungkan realita: Game menjadi acara sosial di dunia nyata

Aplikasi mobile game kini beralih dari layar smartphone menjadi acara di dunia nyata seperti expo, battles, dan acara esports. Salah satu acara paling populer, League of Legends World Championship tahun 2022 dihadiri oleh lebih dari 18.000 peserta dan ditonton oleh 5,15 juta orang.

Popularitas mobile gaming esports juga telah meningkat secara luar biasa dalam beberapa tahun terakhir. Bahkan,  6% dari remaja laki-laki ingin menjadi esports star. Game battle royale seperti PUBG Mobile atau Brawl Stars memanfaatkan sifat kompetitif para pemain game, dengan menawarkan hadiah hingga US$1 juta. Kami memperkirakan bahwa eSports akan mengalami pertumbuhan yang signifikan.

Contoh lain dari game yang mendorong interaksi di dunia nyata adalah Pokémon GO. Banyak orang mengenal Pokémon GO karena game ini mampu mendorong pengguna agar keluar rumah di masa pandemi dan popularitas game ini tidak menurun di masa pandemi. Para pengguna terus bertemu secara tatap muka untuk menangkap Pokémon di Pokémon GO Fests tahun ini yang diadakan di kota-kota populer seperti London, Osaka, dan New York City.

Potensi monetisasi tinggi

Aspek yang paling meyakinkan dari social gaming adalah potensi monetisasi yang tinggi. Gen Z dan Milenial juga menjadi kelompok yang kemungkinan besar akan melakukan pembelian dalam aplikasi, yakni 62% dan 61%.Bahkan, 17% dari Gen Z melakukan pembelian dalam aplikasi game setiap hari. Akan tetapi, saat kami mengevaluasi kebiasaan belanja para pengguna, kami menemukan bahwa belanja tersebut untuk fitur social gaming.

Berikut adalah top gaming items yang biasanya dibeli oleh para pengguna dari berbagai generasi.

Milenial: Paling banyak berbelanja untuk gambling.

Gen Z: Paling banyak berbelanja untuk in-game currencies.

Gen Alpha: Paling banyak berbelanja untuk melengkapi avatar mereka.

Game dengan pendapatan paling tinggi sangat mengandalkan fitur sosial

Mobile game dengan pendapatan kotor paling besar di seluruh dunia pada akhir tahun 2022 adalah Honor of Kings, yang berhasil memperoleh US$2.223,8 juta pada tahun 2022 dan PUBG Mobile, yang berhasil memperoleh US$1.725,3 juta. Apa kesamaan antara kedua game ini? Mereka memiliki fitur-fitur sosial seperti peringkat, mengajak pemain lain untuk bertanding, memberikan in-game item kepada pemain lain, dan mode multiplayer. Pembuat aplikasi game, mohon ingat ini!

Milenial menjadi sumber pendapatan utama aplikasi game saat ini

Walaupun Gen Z seringkali dianggap sebagai generasi yang paling diharapkan oleh semua kategori aplikasi, Milenial dilaporkan menjadi kelompok demografi terbesar yang belum dimanfaatkan di pasar game. Kelompok Milenial menghabiskan lebih banyak waktu per minggu untuk bermain game dibandingkan dengan Gen Z dan Gen Alpha. Selain itu, Milenial menyebutkan bahwa bermain game adalah hobi utama mereka. Mengingat bahwa kelompok Milenial seringkali mendapatkan promosi dan daya beli mereka semakin meningkat, mereka juga berpotensi memiliki lebih banyak uang untuk dibelanjakan dan tertarik untuk membelanjakan pendapatan mereka di aplikasi game.

Inilah saatnya untuk meningkatkan pengalaman Anda saat menggunakan aplikasi social gaming

Inilah saatnya bagi pembuat aplikasi game untuk menambah social gaming ke dalam daftar pengembangan fitur. Di bawah ini, kami merangkum poin-poin utama dari artikel ini yang dapat Anda gunakan untuk menyusun rencana.

Kesimpulan utama:

  • Milenial adalah pasar terbesar yang belum terjangkau untuk aplikasi game. Kejarlah mereka!
  • Tanyakan apakah aplikasi Anda memenuhi kebutuhan emosional pengguna.
  • Masukkan lebih banyak fitur-fitur sosial seperti activity feed, chat, dan guild.
  • Memastikan bahwa pengguna merasa diterima dan memiliki komunitas dalam aplikasi Anda.
  • Pertimbangkan untuk turut serta dalam gaming podcast, channel, dan konvensi.

Dan jika Anda membutuhkan bantuan untuk mengukur kesuksesan fitur-fitur baru social gaming, platform mobile measurement dan analytics Adjust siap digunakan. Kami telah membantu aplikasi game lainnya meningkatkan ROAS sebesar 50%, meningkatkan pendapatan sebesar 30%, dan berhasil mengoptimalkan campaign iOS. Untuk melihat secara langsung cara Adjust dapat mendukung target pertumbuhan aplikasi Anda, dapatkan demo Anda.

Tren dan informasi aplikasi travel untuk tahun 2023 dan setelahnya

Jumlah sesi para pengguna aplikasi travel semakin meningkat.Saat mengevaluasi data Adjust, kami menemukan bahwa sama halnya dengan jumlah instalasi aplikasi travel, jumlah sesi juga jauh lebih tinggi daripada sebelum pandemi, saat ini rata-rata tahun 2023 sekitar 87% lebih tinggi daripada rata-rata di Q4 2019.Pencapaian yang luar biasa ini merupakan hasil dari pertumbuhan jumlah sesi secara konsisten, dan stabil.Grafik di bawah ini menunjukkan peningkatan yang terjadi selama dua tahun terakhir, dari bulan Juni 2021 hingga Juni 2023.Walaupun penambahan jumlah sesi seringkali membuat durasi sesi menjadi semakin singkat, berita baik bagi aplikasi travel adalah bahwa ini juga disertai dengan kenaikan signifikan dalam engagement (informasi lebih lanjut dapat dilihat di bawah).

Jumlah sesi aplikasi travel di tahun 2022 meningkat 14% YoY.Jumlah sesi H1 2023 juga 13% di atas rata-rata tahunan di tahun 2022. Berdasarkan tren sejak tahun 2021, kami memperkirakan bahwa angka ini akan meningkat pada akhir tahun karena akhir musim panas dan rencana travel di musim liburan.

100% Maxwin Jika Main Game Slot Zeus Olympus

Tips Menang Slot Zeus Olympus Jaminan JP 100%

Game yang paling banyak dicari dimana selalu menawarkan kemenangan kepada setiap pemain yang sudah tergabung di situs judi online. game slot zeus olympus ini akan menjadi permainan terbaik yang akan selalu memastikan bahwa Anda bersenang-senang dan menikmati permainan yang ada

Ikuti Tips Ini Untuk Mendapatkan Kemenangan Maximal

1. Pertama, pastikan Anda terdaftar di website kami untuk menjadi anggota. Pasanglah taruhan kecil terlebih dahulu agar saldo anda tidak cepat habis, tapi memancinglah terlebih dahulu.
5. Jika Anda memiliki saldo deposit yang cukup untuk membeli putaran beli, segera beli putaran tersebut terlebih dahulu.
6. Jika seperti yang saya katakan tadi anda sudah membayar belanjaannya, tunggulah karena jackpot akan segera datang kepada anda.
7. Kemenangan maksimal akan Anda raih saat bermain Buyspin .
8. Jika anda merasa permainan tidak memberikan hasil maka segera ganti permainan tersebut karena anda tidak perlu khawatir karena kami mempunyai banyak sekali permainan untuk dimainkan hingga ratusan yang dapat anda mainkan dimanapun anda mau.
Anda juga harus memikirkan matang-matang berbagai cara untuk menang, karena dalam permainan ini Anda harus menganalisa semuanya dengan cerdik agar tidak kalah.

Game Yang sangat Seru Untuk Dimain kan Slot Zeus Olympus

game slot zeus olympus Anda pasti sedang mencari game seru dan juga berkualitas kan? Selain itu, situs judi online akan menjadi situs terpopuler di kalangan anak-anak di atas 18 tahun dan orang dewasa pada tahun 2023. Namun selain permainannya yang seru dan menghibur, tentunya setiap pemain yang menggunakan situs judi online ingin mendapatkan kemenangan bukan? Nah berikut ini game slot zeus olympus merupakan slot yang Gacor yang akan menjadi jawabannya untuk Anda. Selain variasi permainannya yang banyak, game online ini juga terkenal dengan kemenangannya.Tingkat kemenangan yang di dapatkan ini menimbulkan minat yang besar terhadap slot online di kalangan semua pecinta judi online. Apalagi game online slot zeus ini merupakan salah satu game yang terkenal dan terpercaya. Game menarik dan sangat terkenal ini menjadi sensasi. permainan yang seru dan menguntungkan menjadi salah satu alasan kenapa slot zeus saat ini menjadi populer. Saat ini terdapat jutaan pengguna yang bermain slot. slot menjadi game sangat terkenal karena sistem webnya yang terbaik dan pasti memenangkan banyak permainan dan adalah salah satunya. Agen yang selalu membayar akan selalu menjadi situs judi online terpercaya…